Total Tayangan Halaman

Selasa, 04 Agustus 2009

LEMBAR TUGAS 1
NOTASI BALOK

Notasi balok adalah susunan nada dalam suatu tangga nada yang terdiri dari huruf-huruf c – d – e – f – g – a – b berbentuk gambar yang disusun pada lima garis balok not dengan ketentuan bahwa nada-nadanya mempunyai ukuran suara yang tetap/pasti. Oleh karena nada-nada yang terdapat pada not balok tersebut sudah ditentukan tinggi suaranya, maka nada-nada pada not balok dinamakan nada-nada absolute.
Permulaan penetapan tinggi suara pada tiap-tiap nada dilakukan pada tahun 1858 dalam sebuah akademi di Perancis. Kemudian pada tahun 1885 para ahli dari beberapa negara berkumpul di Wina untuk menetapkan bahwa frequensi nada a1 adalah 435/s.
Selain itu dari hasil percobaan yang dilakukan, perbandingan frequensi nada satu dengan yang lain adalah sebagai berikut:
c - d - e - f - g - a - b - c1
do re mi fa sol la si do
24 : 27 : 30 : 32 : 36 : 40 : 45 : 48
Contoh:
Nada a1 frequensinya 435, maka frequensi nada b1 adalah = ( 45:40) x 435 = 489,375.
Perbandingan-perbandingan yang tetap itu dinamakan interval (jarak dari satu nada ke nada yang lain). Tinggi nada yang sudah tetap itu supaya mudah dibawa dan dipergunakan orang untuk pedoman, maka dibuatlah alat yang bernama garpu tala (stemvork) dan peluit tala (stemfluit).
Gambar 4 jenis garpu tala
Garpu tala pada umumnya dipakai untuk mengukur tinggi suara manusia dalam nyanyian atau vocal, dengan cara diketok dan didengarkan suara yang dihasilkan dari getarannya. Ada 4 jenis garpu tala yang setiap garpu tala hanya menghasilkan satu nada saja, dengan ukuran:
a1 = 435 Hz
g1 = 391 Hz
e1 = 326 Hz
c2 = 522 Hz
Stemfluit pada umumnya dipakai untuk menyetem alat musik seperti gitar atau biola yang dibunyikan dengan cara ditiup.
Selain dengan menggunakan stemfluit seperti gambar di atas, nada-nada dapat dicari dengan menggunakan instrumen musik seperti: piano, harmonika, organ dan beberapa alat musik melodis yang lain. Sedangkan instrumen gitar, biola, mandolin,tidak bisa digunakan sebagai patokan untuk mencari nada, sebab nada-nada pada instrumen tersebut cenderung berubah.
Tugas:
1. Jelaskan yang dimaksud dengan notasi balok!
2. Mengapa nada pada notasi balok disebut nada absolut?
3. Apa perbedaan antara garpu tala dengan stemfluit?
4. Kalau diketahui frequnsi nada a1 435 Hz, berapa frequensi untuk nada: c1, d1, f1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar